Pasar Uang vs. Rekening Tabungan – Terus My ID

Saya mengerti – gagasan menabung bukanlah hal yang paling menarik di dunia. 🥱

Tapi menabung itu penting. Inilah perbedaan antara mendanai liburan luar biasa dengan uang yang Anda miliki dan memasukkannya ke dalam kartu kredit… untuk dilunasi pada akhirnya.

Sumber: Giphy.com

Ini perbedaan antara membayar perbaikan mobil yang tidak terduga, tidak masalah, dan memohon pinjaman lagi kepada ayahmu.

Memprioritaskan menabung sesegera mungkin sangat penting untuk kehidupan finansial yang sehat. Tetapi dengan rekening giro Anda, rekening pensiun tempat kerja baru Anda, dan toples koin besar yang Anda simpan di lemari, Anda mungkin bertanya-tanya di mana tempat terbaik untuk menyimpan tabungan Anda.

Spoiler: ini bukan toples koin jumbo.

Anda mungkin memiliki semacam rekening tabungan tradisional, yang bisa menjadi pilihan bagus untuk memarkir dana ini. Tapi rekening tabungan bukan satu-satunya tempat menyimpan uang. Faktanya, tergantung pada tujuan dan preferensi Anda, mungkin ada opsi yang lebih baik untuk Anda.

Pada artikel ini, kami menyelami pasar uang versus rekening tabungan – apa itu, bagaimana cara kerjanya, dan mana yang paling cocok untuk Anda.

Pasar Uang vs. Rekening Tabungan Sekilas

Agar jelas, rekening pasar uang dan rekening tabungan adalah tempat yang aman dan terjamin bagi Anda untuk menyimpan uang Anda. Juga bukan pengganti rekening giro – rekening ini untuk penghematan, tidak membelanjakan – tetapi seperti rekening giro, Anda dapat membukanya di bank atau credit union.

Berikut adalah dasar dari masing-masing:

  • Rekening tabungan adalah rekening deposito yang menghasilkan sedikit bunga dan dapat ditautkan ke rekening giro Anda.
  • Rekening pasar uang adalah rekening deposito yang mirip dengan rekening tabungan — tetapi juga memiliki beberapa ciri khas rekening giro.
  • Rekening pasar uang dan rekening tabungan dapat melayani tujuan serupa, seperti menyimpan tabungan darurat dan jangka pendek.
  • Rekening pasar uang dan rekening tabungan umumnya merupakan tempat berisiko rendah untuk menyimpan uang Anda, tetapi keduanya membatasi jumlah transaksi yang dapat Anda lakukan setiap bulan.
  • Rekening pasar uang biasanya memiliki tingkat tabungan (APY) yang lebih tinggi dan persyaratan saldo minimum daripada rekening tabungan.

Apa itu Akun Pasar Uang?

Jika rekening giro dan rekening tabungan jatuh cinta dan punya bayi 👶, itu akan menjadi rekening pasar uang. Dengan kata lain, rekening pasar uang seperti campuran antara rekening giro dan tabungan.

Rekening pasar uang mendapatkan bunga dan mungkin dibatasi hingga enam penarikan sebulan – seperti rekening tabungan – tetapi mereka juga dilengkapi dengan kartu debit dan cek seperti rekening giro.

Baca lebih banyak: Akun Pasar Uang Terbaik

Rekening Pasar Uang: Pro & Kontra

Pro: Bunga Lebih Tinggi

Rekening pasar uang biasanya memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada rekening tabungan dan giro tradisional.

Namun, Anda pasti ingin melakukan riset jika mencari suku bunga terbaik, karena suku bunga pasar uang mungkin tidak setinggi beberapa rekening deposito lainnya. Tetapi secara umum, Anda dapat mengharapkan untuk mendapatkan lebih dari yang Anda dapatkan dengan rekening tabungan tradisional.

Pro: Aksesibilitas

Rekening pasar uang lebih mudah diakses, atau likuid, daripada rekening tabungan tradisional. Ini karena beberapa rekening pasar uang dilengkapi dengan cek dan kartu debit — dua fitur yang biasanya disediakan hanya untuk rekening giro.

Aksesibilitas dapat berguna saat Anda mengalami keadaan darurat dan perlu segera mengakses tabungan Anda. (Tapi jangan tergoda untuk menggunakan tabungan Anda sebagai uang belanja Anda hanya karena mudah).

Pro: Berisiko Rendah

Rekening pasar uang dianggap sebagai rekening berisiko rendah. Mereka diasuransikan hingga $250.000 (oleh FDIC di bank dan oleh NCUA di credit unions). Ini berarti uang Anda selalu aman, dan Anda akan mendapatkannya kembali jika bank gagal karena suatu alasan.

Kontra: Saldo Minimum Tinggi

Rekening pasar uang cenderung memiliki persyaratan saldo minimum yang lebih tinggi daripada rekening tabungan – beberapa di antaranya mencapai beberapa ribu dolar. Anda mungkin harus memenuhi minimum ini untuk membuka akun atau mendapatkan APY yang diiklankan.

Ini harus menjadi pertimbangan utama saat berpikir untuk membuka rekening pasar uang. Ada sedikit alasan untuk membukanya jika Anda tidak mendapatkan manfaat dari tingkat bunga yang layak.

Kontra: Penarikan Terbatas

Salah satu alasan mengapa Anda mendapatkan suku bunga yang lebih baik di rekening pasar uang Anda adalah karena secara historis, ada batasan jumlah penarikan yang dapat Anda lakukan setiap bulan. Peraturan D, keputusan Federal Reserve, membatasi jumlah penarikan dari rekening tabungan dan pasar uang menjadi enam penarikan per bulan — yaitu hingga tahun 2020.

Meski peraturan ini sudah tidak berlaku lagi, banyak bank dan credit unions yang masih memberlakukan batasan tersebut. Bergantung pada bank Anda, mungkin ada cara untuk melewati batas dengan menggunakan jenis transaksi tertentu (seperti ATM atau teller bank).

Kapan Saya Harus Menggunakan Akun Pasar Uang?

Anda harus mempertimbangkan rekening pasar uang jika Anda ingin mendapatkan bunga dari tabungan Anda dan dapat mengaksesnya menggunakan kartu debit atau cek jika perlu. Anda juga perlu merasa yakin bahwa Anda dapat memenuhi persyaratan saldo minimum yang mungkin dimiliki akun Anda.

Anda juga harus memikirkan seberapa cepat Anda perlu mengakses uang Anda. Rekening pasar uang ideal untuk tujuan jangka pendek dan menengah, seperti dana pelunasan atau dana darurat. Tetapi jika Anda mencoba menabung untuk masa pensiun, lebih baik Anda menginvestasikan uang itu.

Baca lebih banyak: Sinking Funds: Penganggaran’s Best-Simpan Secret

Akun Pasar Uang vs. CD

Jika Anda telah menghabiskan waktu untuk meneliti berbagai opsi untuk kendaraan hemat, Anda mungkin pernah mendengar tentang CD. CD, juga dikenal sebagai sertifikat deposito, dapat melayani tujuan yang sama seperti rekening pasar uang. Tetapi memiliki beberapa perbedaan penting.

Yang terpenting, CD kurang cair. Saat Anda menyetor uang ke dalam CD, Anda berkomitmen untuk tidak menyentuhnya selama jangka waktu tertentu. Sebagai gantinya, Anda biasanya menerima tingkat bunga yang lebih tinggi.

CD bekerja dengan baik ketika Anda tahu Anda tidak akan membutuhkan uang itu untuk sementara waktu. Mereka bukanlah pilihan bijak untuk tabungan jangka pendek dan dana darurat Anda karena mereka “mengunci” uang Anda untuk jangka waktu tertentu.

Baca lebih banyak: Tarif CD Terbaik, Diperbarui Setiap Hari

Rekening Pasar Uang vs. Reksa Dana Pasar Uang

Ada perbedaan penting antara pasar uang akun versus pasar uang reksa danajadi jangan bingung mereka.

Reksa dana pasar uang biasanya memiliki tingkat pengembalian yang lebih tinggi karena dianggap sebagai investasi. Sejauh investasi berjalan, reksa dana pasar uang berisiko rendah, tetapi mereka tidak memiliki asuransi FDIC seperti halnya akun pasar uang.

Daripada membuka rekening di bank atau credit union, Anda membuka dana pasar uang di perusahaan pialang atau investasi.

Apa itu Rekening Tabungan?

Rekening tabungan adalah jenis rekening deposito yang mirip dengan rekening pasar uang. Biasanya, bank atau credit union akan membayar bunga atas rekening tabungan Anda dan membatasi jumlah penarikan yang dapat Anda lakukan setiap bulan. Anda dapat menautkan tabungan Anda ke rekening giro dan melakukan transfer di antara keduanya.

Rekening tabungan tradisional cenderung tidak menghasilkan banyak bunga. Namun, bank online menjadi semakin populer karena kemampuannya menawarkan suku bunga yang lebih tinggi pada rekening tabungan. Ini karena biaya overhead yang lebih rendah karena tidak memiliki lokasi fisik.

Rekening Tabungan: Pro & Kontra

Pro: Keamanan

Rekening tabungan — baik di bank tradisional, credit union, atau bank online — diasuransikan dan aman. Mereka memberikan ketenangan pikiran yang Anda inginkan untuk hal-hal seperti dana darurat atau tujuan tabungan jangka pendek Anda.

Pro: Aksesibilitas

Rekening tabungan adalah tempat yang baik untuk dana yang ingin Anda akses dalam jangka pendek dan menengah. Sekali lagi, bank Anda mungkin akan membatasi jumlah penarikan dan transfer yang dapat Anda lakukan setiap bulan. Tetapi karena tabungan Anda hanya itu — tabungan — Anda tidak perlu terlalu sering mengaksesnya.

Pro: Persyaratan Saldo Minimum Lebih Rendah

Rekening tabungan mungkin memiliki persyaratan minimum yang lebih rendah daripada rekening pasar uang, sebagian karena mereka menawarkan suku bunga yang lebih rendah. Sebagian besar bank online memungkinkan Anda membuka rekening hanya dengan $0 — dibandingkan dengan beberapa ribu untuk banyak rekening pasar uang.

Con: Tidak Ada Cek atau Kartu Debit

Tidak seperti rekening pasar uang, rekening tabungan tidak dilengkapi dengan cek atau kartu debit. Ini dapat menambah langkah ekstra ketika tiba waktunya untuk mengakses uang tunai Anda. (Anda mungkin perlu mentransfernya ke rekening koran Anda — lalu gunakan kartu debit Anda, atau lakukan penarikan di bank).

Con: Biasanya Suku Bunga Lebih Rendah

Rekening tabungan umumnya memiliki tingkat bunga yang lebih rendah daripada rekening pasar uang. Dengan banyak rekening tabungan tradisional, bunga yang Anda peroleh hampir dapat diabaikan.

Kapan Saya Harus Menggunakan Rekening Tabungan?

Rekening tabungan mungkin merupakan ide yang bagus ketika Anda menginginkan tempat yang aman untuk menyimpan uang Anda tetapi tidak memiliki cukup uang untuk menutupi persyaratan saldo minimum rekening pasar uang.

Sasaran tabungan jangka pendek, seperti membangun dana darurat atau menabung untuk liburan, seringkali merupakan alasan yang baik untuk menggunakan rekening tabungan.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan rekening tabungan, gunakan rekening hasil tinggi dari bank online. Mereka biasanya memiliki biaya yang lebih rendah dan suku bunga yang lebih tinggi.

Baca lebih banyak: Rekening Tabungan Hasil Tinggi Terbaik Dibandingkan

Pasar Uang atau Rekening Tabungan — Mana yang Terbaik untuk Anda?

Secara umum, pasar uang dan rekening tabungan baik untuk tabungan jangka pendek dan menengah. Rekening pasar uang biasanya menghasilkan lebih banyak bunga dan lebih fleksibel — plus mereka memiliki beberapa fitur nyaman yang sama seperti rekening giro.

Namun, rekening tabungan lebih masuk akal jika Anda tidak dapat memenuhi saldo minimum yang diperlukan untuk mendapatkan tingkat bunga yang layak dengan rekening pasar uang.

Jika Anda adalah seseorang yang kesulitan meninggalkan tabungan Anda sendiri, rekening tabungan mungkin lebih baik untuk Anda. Karena uang tunai di rekening tabungan tidak dapat diakses dengan cek dan kartu debit, lebih mudah untuk membiarkannya tidak tersentuh.

Garis bawah

Rekening tabungan dan pasar uang keduanya merupakan pilihan yang baik untuk menyimpan tabungan Anda, tetapi rekening pasar uang memberi Anda lebih banyak cara untuk mengakses uang Anda dan mungkin memiliki persyaratan saldo minimum yang lebih tinggi.

Apakah Anda condong ke arah membuka rekening tabungan atau menyimpan uang Anda di rekening pasar uang, luangkan waktu untuk melihat-lihat sehingga Anda tahu apa yang akan terjadi terkait tarif, biaya, dan batas rekening.

Gambar unggulan: smile23/Shutterstock.com

Baca lebih banyak: